1. Penggantian Olie Berkala
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3X3brRV7GURBp2YaYaXcgYeWwJWcfPE1Va3QDoISKe-2_15KXAycKrQT-XCCHAgM634weUjuWsVJf45RlmxUzr9FkZ3Rywz35x7x0UHVsjEwjo5P8Ro4aeYkKCP-GTDk54xMUMhWfgEc/s1600/memilih-pelumas.jpg)
Biasanya orang mengganti olie berdasarkan lama pemakaian motor, biasanya berdasarkan bulan. Namun cara ini terkadang tidak baik juga, karena pada kondisi tertentu kita jarang menggunakan motor atau terlalu sering. Terlalu cepat mengganti olie adalah pemborosan,dan terlalu lambat juga tidak baik bagi mesin.
Disiplin mengganti olie motor dengan berpatokan pada batas kilometer pemakaian oli, akan membuat motor anda selalu prima.
2. Rutin Melakukan TUNE UP.
Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang aus. Setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu.Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel.Debu debu dan kotoran bisa mengendap dan mempengaruhi kinerja mesin,dan akan sekaligus dibersihkan saat TUNE UP.
Mengenai kapan waktu ideal untuk tuneup,biasanya pada buku petunjuk disertakan.Biasanya menurut berapa kilometer penggunaan kendaraan. Namun jika anda merasa bahwa motor anda tidak nyaman seperti biasa, saat itu juga bisa anda lakukan tuneup ke bengkel.
3.Pemakaian Motor.
Jangan suka meniru adegan film dengan menggeber geber gas motor anda,atau melakukan tarikan gas spontan.Hal ini akan mempercepat keausan pada rantai mesin,katup bahan bakar, kopling, piston dan stang piston. Terutama jika motor anda memakai teknologi mesin 4 langkah.Mesin 4 langkah lebih rumit pada sistem bahan bakarnya,dan inilah yang sering bermasalah.
Jika motor anda memakai gigi manual,pergunakan pemakaian gigi sesuai dengan kecepatan motor. Jika jalanan menanjak, motor butuh tenaga lebih besar maka kurangi gigi dengan yang lebih sesuai. Jika motor baru start berjalan jangan langsung menggunakan gigi 4, tapi mulailah dari gigi 1. Hal ini berpengaruh pada stang piston, piston, kopling dan rantai mesin (4 langkah).
4. Perjalanan Jauh.
Ingin perjalanan jauh atau keluar kota (80km-lebih ), lebih bagus ganti olie terlebih dahulu. Perjalanan jauh nonstop akan membuat suhu olie menjadi lebih panas, olie yang baru akan mengatasi keadaan ini menjadi lebih baik. Khusus motor yang tanpa menggunakan water cooler sebaiknya mendinginkan mesin, dengan berhenti sesaat pada kilometer 80. Jika diteruskan bisa berbahaya bagi mesin motor anda.
5.Kebersihan.
Biar rangka motor lebih awet, rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos. Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.
Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima.
6.Sebelum Dipakai.
Khusus Motor 4 tak . Biasakan panaskan mesin motor terlebih dulu sebelum dipakai, jika motor tidak digunakan selama 8 Jam atau lebih. Motor yang telah lama didiamkan maka olie akan turun kembali dari bagian bagian sempit dan mengumpul di bak olie. Pemanasan mesin ini agar olie kembali lagi mengaliri kedalam bagian bagian mesin yang perlu dilumasi. Terutama untuk jenis mesin motor 4 langkah, karena jenis mesin ini hanya mengandalkan olie mesin saja.
Oleh sebab itu motor perlu dipanasi, agar oli dapat merata diseluruh bagian silinder/block mesin untuk meminimalisir keausan pada silinder/block.
CATATAN PENTING :
Memanaskan motor cukup 5-7 menit saja. Bagai motor yang memakai pendingin udara kurang baik bila memanaskan motor lebih dari 5-7 menit, Karena jika mesin hidup lama dan motor tidak berjalan, maka mesin tidak akan mendapat pendinginan yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar